Tips Sang Guru

Blog seorang guru yang ingin berbagi dan belajar bersama

PMDK/PMB UNESA 2010

Weleh..whelwh….akhirnya terbit juga informasi PMDK/PMB UNESA setelah ketinggalan sepur dengan informasi sejenis dari PT yang lain.

Program penelusuran minat dan kemampuan (PMDK) tahun akademik 2009/2010 Universitas Negeri Surabaya (Unesa) akan dibuka bulan depan. Yang menggembirakan, Unesa menambah kuota untuk mahasiswa baru program PMDK itu. Penambahan kuota itu disebabkan Unesa menambah jalur PMDK baru. Yakni, PMDK kelas internasional. Untuk PMDK baru tersebut, Unesa menyediakan sekitar 100 kursi. ”PMDK kelas internasional untuk menciptakan pendidik di RSBI (rintisan sekolah berstandar internasional)

Syarat utama bagi calon mahasiswa yang berminat masuk melalui jalur PMDK kelas internasional adalah penguasaan bahasa Inggris. TOEFL yang disyaratkan minimal 400. Tapi, setelah diterima, mahasiswa akan mendapatkan materi khusus bahasa Inggris untuk meningkatkan TOEFL selama tiga bulan. Hal itu dimaksudkan agar penguasaan bahasa Inggris mereka lancar dan dapat menerima semua materi perkuliahan yang disampaikan dosen dalam bahasa Inggris.

Tidak hanya masalah TOEFL yang menjadi syarat wajib calon mahasiswa PMDK kelas internasional. Untuk bisa masuk kelas khusus yang memiliki daya tampung 20 kursi untuk masing-masing program studi itu, calon mahasiswa harus memiliki nilai bagus. Standar nilai rapor yang ditetapkan untuk semester 1-5 minimal 7,5

Standar tersebut lebih tinggi 0,5 poin dibandingkan jalur PMDK prestasi yang mematok nilai rata-rata 7,0. Untuk sementara, PMDK kelas internasional hanya tersedia di fakultas MIPA untuk program studi pendidikan matematika, kimia, fisika, dan biologi.sayangnya UNESA blom membuka kelas non-kependidikan.

Selain jalur PMDK kelas internasional, Unesa membuka penerimaan mahasiswa baru dari kemitraan mandiri. Jalur itu ditujukan untuk calon mahasiswa yang tidak ingin masuk lewat SNM PTN atau jalur lain. Tapi, mereka dapat menikmati pendidikan sesuai dengan keinginan. Hanya, biaya pendidikannya lebih besar dibandingkan jalur yang lain. Sementara ini, prodinya belum ditentukan.

dan juga tahun depan unesa juga menerima mahasiswa dari keluarga kurang mampu (gakin). Bagi mahasiswa dari gakin, Unesa akan menggratiskan biaya SPP (dalam jangka waktu tertentu). Syaratnya, calon mahasiswa harus bisa menunjukkan surat keterangan sebagai gakin dari kelurahan.

Informasi selengkapnya DOWNLOAD DI SINI

Februari 2, 2010 - Posted by | Informasi Pendidikan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: