Tips Sang Guru

Blog seorang guru yang ingin berbagi dan belajar bersama

Warna

Ketika kita dihadapkan pada pilihan mengkombinasikan atau memadukan warna, maka sebagai orang awam bahkan sebagai seorang siswa yang sedang mengerjakan tugas dari guru seni rupa, sering kita merasa kebingungan dalam menentukan kombinasi warna.

Sebagai bagian dari elemen tata rupa, warna memegang peran sebagai sarana untuk lebih mempertegas dan memperkuat kesan atau tujuan dari sebuah karya desain. Dalam perencanaan corporate identity, warna mempunyai fungsi untuk memperkuat aspek identitas. Lebih lanjut dikatakan oleh Henry Dreyfuss , bahwa warna digunakan dalam simbol-simbol grafis untuk mempertegas maksud dari simbol-simbol tersebut . Sebagai contoh adalah penggunaan warna merah pada segitiga pengaman, warna-warna yang digunakan untuk traffic light merah untuk berhenti, kuning untuk bersiap-siap dan hijau untuk jalan. Dari contoh tersebut ternyata pengaruh warna mampu memberikan impresi yang cepat dan kuat.

Kemampuan warna menciptakan impresi, mampu menimbulkan efek-efek tertentu. Secara psikologis diuraikan oleh J. Linschoten dan Drs. Mansyur tentang warna sbb: Warna-warna itu bukanlah suatu gejala yang hanya dapat diamati saja, warna itu mempengaruhi kelakuan, memegang peranan penting dalam penilaian estetis dan turut menentukan suka tidaknya kita akan bermacam-macam benda.
Jika anda ingin praktik langsung bagaimana memadukan warna, silahkan KLIK DI SINI dan cobalah klik sana klik sini untuk secara interaktif latihan memadukan warna. Anda juga bisa menyipan untuk dapat digunakan sewaktu-waktu jika membutuhkan untuk mengkombinasikan warna dengan mendownload/mengunduh COLOR TABLE DI SINI (diklik ya..)
SELAMAT BERWARNA-WARNI…he..he..

Maret 7, 2010 - Posted by | Download Gratis, Tips Belajar dan Mengajar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: