Tips Sang Guru

Blog seorang guru yang ingin berbagi dan belajar bersama

Menulis Jurnalistik

Pengetahuan Tentang Pers Dan Jurnalistik

Secara bahasa, Pers berarti media. Berasal dari bahasa Inggris press yaitu cetak. Apakah media itu berarti hanya media cetak? Tentunya tidak. Pada awal kemunculannya media memang terbatas hanya pada media cetak. Seiring percepatan tekhnologi dan informasi, ragam media ini kemudian meluas. Muncul media elektronik: Audio, audio visual (pandang-dengar) sampai internet. Jadi pers adalah sarana atau wadah untuk menyiarkan produk-produk jurnalistik.

Sedang jurnalistik merupakan suatu aktifitas dalam menghasilkan berita maupun opini. Mulai dari perencanaan, peliputan dan penulisan yang hasilnya disiarkan pada public atau khalayak pembaca melalui media/pers. Dengan kata lain jurnalistik merupakan proses aktif untuk melahirkan berita.
Hasil dari proses jurnalistik yang kemudian menjadi teks yang dimuat di media, berupa berita maupun opini.

Fungsi Pers
1. Menyiarkan informasi; hal inimerupakan fungsi yang pertama dan utama karena khalayak pembaca memerlukan informasi mengenai berbagai hal di bumu ini.
2. Mendidik (to educate); artinya sebagai sarana pendidikan massa (mass education). Adapun isi dari media atau hal yang dimuat dalam media mengandung unsur pengetahuan khalayak pembaca pengetahuannya.
3. Menghibur (to entertaint), khalayak pembaca selain membutuhkan informasi juga membutuhkan hiburan. Ini juga menyangkut minat insani.
4. Mempengaruhi (control social); tidak dapat dipungkiri dalam kehidupan ini ada kejanggalan-kejanggalan, baik langsung ataupun tidak langsung, berdampak pada kehidupan social. Pada fungsi ini media dimungkinkan menjadi control social, yang karena isi dari media sendiri bersifat mempengaruhi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Ilmu Jurnalistik kini tidak hanya didominasi oleh wartawan/ media besar yang sudah mapan saja, tapi siswa sekolahpun seolah menjadi kewajiban untuk hal tersebut sehingga sekarang ini tiap sekolah pasti memiliki media komunikasi cetak itu. Mulai dari yang berbentuk mading sampai majalah sekolah.
Bahkan media cetak seperti Jawa Pos tiap tahun memprovokasi para siswa untuk ikut berkompetisi dalam Deteksi Jawa Pos sebagai wahana kompetisi mading antar siswa yang diikuti ratusan sekolah.

Untuk itu Tips Sang Gurukali ini akan berbagi ilmu tentang menulis Jurnalistik dan Insya’Allah isinya komplit dan barangkali bisa membantu para siswa dalam mengelola majalah sekolah dengan lebih baik dan lebih menarik.

Bagi para guru/pembimbing ekstrakurikuler Jurnalistik/majalah sekolah atau para siswa yang tertarik dibidang jurnalistik, anda bisa download e-booknya di SINI (klik aja ya..)
SEMOGA BERMANFAAT

Maret 14, 2010 - Posted by | Artikel, Download Gratis

2 Komentar »

  1. Amin

    Komentar oleh sqa indonesia | Maret 15, 2010 | Balas

  2. Bagus Mas..Hidup Sang Guru Sejati..Salam

    Komentar oleh Poeh | Januari 3, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: