Tips Sang Guru

Blog seorang guru yang ingin berbagi dan belajar bersama

Peraih Nilai Tertinggi Kesulitan Biaya

KOMPAS.com — Muhammad Wildan Rabbani Kurniawan (17) meraih nilai terbaik untuk hasil ujian nasional tingkat SMA se-Jawa Timur. Wildan meraih nilai total 57,20 dari enam mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia (9,00), Bahasa Inggris (9,20), Matematika (10,00), Fisika (9,75), Kimia (9,75), dan Biologi (9,50). Prestasi bagus itu tidak hanya membanggakan dan membuatnya bahagia, tetapi sekaligus waswas.

Kini, Wildan menunggu hasil pengumuman lewat jalur prestasi dari Universitas Indonesia, Jakarta, Mei mendatang. Pilihan pertamanya Fakultas Kedokteran dan kedua Teknik Metalurgi.

Kalaupun ia diterima, rupanya juga tak membuatnya senang sebab biaya mendaftar Rp 250.000 pun merupakan dana patungan teman-temannya. Semula ia tak yakin bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi selepas SMA. Orangtuanya kini kerja serabutan setelah usaha kapur tulis lesu sejak sekolah lebih banyak menggunakan whiteboard dan spidol.

Wildan sangat bersyukur atas pencapaiannya kali ini. Remaja asal Dusun Kebondalem, Desa Mojopurowetan, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, ini tak menyangka bisa meraih nilai tertinggi. Dia belajar seusai shalat subuh sekitar satu jam dan seusai shalat maghrib selama dua jam.

“Sepulang sekolah, kalau tidak lelah, saya sempatkan mengulang pelajaran sekitar satu jam,” katanya.

Menurut anak pertama pasangan Histo Riyono Kusdariyanto dan Mufarohah itu, doa restu orangtua sangat penting. Selain belajar teratur, anak pertama dari tiga bersaudara ini rutin menggelar shalat malam dan membiasakan diri berpuasa tiap hari Senin dan Kamis.

Pelajaran yang sangat disukai Wildan adalah Biologi. Saat kelas X, Wildan pernah menjadi juara II Olimpiade Biologi tingkat Kabupaten Gresik. Saat kelas XI, Wildan ikut Olimpiade Biologi lagi hingga juara di tingkat Provinsi Jatim, bahkan dirinya menjadi finalis Olimpiade Biologi Tingkat Nasional.

Dia juga finalis Olimpiade Ekonomi se-Jawa-Bali tahun 2009. Meski cita-citanya menjadi dokter, ia menyukai buku sastra, termasuk petualangan Harry Potter, Laskar Pelangi, di antara buku yang sangat disukainya.

Pelajar kelahiran Gresik, 9 Maret 1993, ini bersungguh-sungguh menuntut ilmu. Wildan sangat terkesan dengan teman-temannya yang kompak dan selalu mendorongnya untuk tetap semangat dan terus maju.

Meski hasil ujiannya terbaik, Wildan gundah dengan masa depan pendidikannya. Ayahnya sempat menghadap Kepala SMA Negeri 1 Gresik Sujatno mengeluhkan pembiayaan sekolah Wildan. Sekolah kemudian membebaskan tunggakan biaya pendidikan Wildan sebesar Rp 1,58 juta.

Secercah harapan Wildan pun muncul ketika ada dua pengusaha Jakarta dan Gresik yang bersedia membiayai kuliah Wildan sampai tuntas. ( Kompas, Mei 2010-Adi Sucipto)
INFO BARU:
Berita dari TV ONE, Wildan Rabani, peraih nilai UN tertinggi di Jawa Timur untuk tingkat SMA dan sederajat jurusan IPA baru aja ditelpon Bapak Rahmat Gobel yang punya Panasonic Gobel

Beliau berjanji akan memberikan beasiswa sepenuhnya buat Wildan yang notabene sebelumnya ga bakalan nerusin kuliah dikarenakan keterbatasan ekonomi.
Dalam janjinya beliau akan membantu Wildan agar dapat meneruskan kuliah di Fakultas Kedokteran UI dan membantu segala akomodasi, tempat tinggal dan biaya selama Wildan berada di Jakarta.

Jujur ane terharu Gan
masih ada orang sedermawan beliau
semoga orang2 kaya lainnya bisa ngikutin jejak beliau

Selamat aja deh buat Wildan
baru aja dapet berkah Hari Pendidikan Nasional

LEBIH BARU:
Memperingati HARKITNAS hari ini, 20 Mei 2010 Wildan diundang dalam acara Bukan Empat Mata, Ia dapat hadiah buku kedokteran dan Mas Tukul janji ngasih Laptop. Wah Selamat ya Wildan, aku juga alumni SMANSA Gresik, teman seangkatan Kepala Sekolah, Pak Suyatno.

Mei 20, 2010 - Posted by | Berita, Informasi Pendidikan, Motivasi | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: