Tips Sang Guru

Blog seorang guru yang ingin berbagi dan belajar bersama

Pengertian Seni Rupa Tradisional, Modern dan Kontemporer

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

1.
SENI RUPA TRADISIONAL

Pengertian

Seni tradisional adalah unsur kesenian yang menjadi bagian hidup masyarakat dalam suatu kaum/puak/suku/bangsa tertentu. Seni tradisional yang ada di suatu daerah berbeda dengan yang ada di daerah lain, meski pun tidak menutup kemungkinan adanya seni tradisional yang mirip antara dua daerah yang berdekatan.

Ciri-ciri

*
Penciptaannya selalu berdasarkan pada filosofi sebuah aktivitas dalam suatu budaya, bisa berupa aktivitas religius maupun seremonial/istanasentris.
*
Terikat dengan pakem-pakem tertentu.

Contoh

Wayang kulit, wayang golek, wayang beber, ornamen pada rumah-rumah tradisional di tiap daerah, batik, songket, dan lain-lain.

1.
SENI RUPA MODERN

Pengertian

Seni rupa modern adalah seni rupa yang tidak terbatas pada kebudayaan suatu adat atau daerah, namun tetap berdasarkan sebuah filosofi dan aliran-aliran seni rupa.

Ciri-ciri

*
Konsep penciptaannya tetap berbasis pada sebuah filosofi , tetapi jangkauan penjabaran visualisasinya tidak terbatas.
*
Tidak terikat pada pakem-pakem tertentu.

Contoh

Lukisan-lukisan karya Raden Saleh Syarif Bustaman, Basuki Abdullah, Affandi, S.Soedjojono dan pelukis era modern lainnya.

Seniman

Raden Saleh Syarif Bustaman, Abdulah Sr, Pirngadi, Basuki Abdullah, Wakidi, Wahid Somantri, Agus Jaya Suminta, S. Soedjojono, Ramli, Abdul Salam, Otto Jaya S, Tutur, dan Emira Sunarsa.

1.
SENI RUPA KONTEMPORER

Pengertian

Seni Kontemporer adalah salah satu cabang seni yang terpengaruh dampak modernisasi. Kontemporer itu artinya kekinian, modern atau lebih tepatnya adalah sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama atau saat ini. Jadi seni kontemporer adalah seni yang tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dulu dan berkembang sesuai zaman sekarang. Lukisan kontemporer adalah karya yang secara tematik merefleksikan situasi waktu yang sedang dilalui. Misalnya lukisan yang tidak lagi terikat pada Rennaissance. Begitu pula dengan tarian, lebih kreatif dan modern.

Ciri-ciri

*
Tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dulu dan berkembang sesuai zaman.
*
Tidak adanya sekat antara berbagai disiplin seni, alias meleburnya batas-batas antara seni lukis, patung, grafis, kriya, teater, tari, musik, hingga aksi politik.

Contoh

Karya-karya happening art, karya-karya Christo dan berbagai karya enviromental art.

Seniman

Gregorius Sidharta, Christo, dan Saptoadi Nugroho.

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Seni_rupa

http://id.wikipedia.org/wiki/Seni_kontemporer

http://anakciremai.blogspot.com/pendidikan-seni-tentang-perkembangan-seni-rupa-indonesia

http://id.answers.yahoo.com

About these ads

Januari 28, 2010 - Posted by | Artikel | , , ,

64 Komentar »

  1. apakah kita sudah memahami kontemporer saat ini.apakah kita sudah mersakan bebas berekspersi….

    Komentar oleh oik | Maret 6, 2010 | Balas

    • untuk jelasnya anda bisa ke link: http://wapedia.mobi/id/Seni_kontemporer :Kata “kontemporer” yang berasal dari kata “co” (bersama) dan “tempo” (waktu). Sehingga menegaskan bahwa seni kontemporer adalah karya yang secara tematik merefleksikan situasi waktu yang sedang dilalui. Atau pendapat yang mengatakan bahwa “seni rupa kontemporer adalah seni yang melawan tradisi modernisme Barat”. Ini sebagai pengembangan dari wacana postmodern dan postcolonialism yang berusaha membangkitkan wacana pemunculan indegenous art. Atau khasanah seni lokal yang menjadi tempat tinggal (negara) para seniman.

      Secara awam seni kontemporer bisa diartikan sebagai berikut:

      1. Tiadanya sekat antara berbagai disiplin seni, alias meleburnya batas-batas antara seni lukis, patung, grafis, kriya, teater, tari, musik, anarki, omong kosong, hingga aksi politik.
      2. Punya gairah dan nafsu “moralistik” yang berkaitan dengan matra sosial dan politik sebagai tesis.
      3. Seni yang cenderung diminati media massa untuk dijadikan komoditas pewacanaan, sebagai aktualitas berita yang fashionable.
      kalau masih kurang sreg, baca di:http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/07/13/01275943/seni.kontemporer

      Komentar oleh tipzsangguru | Maret 7, 2010 | Balas

  2. izin copy-paste pak , buat pembelajaran seni rupa . thanks

    Komentar oleh Risnanda Akbar | Juli 23, 2010 | Balas

  3. izin copas dan baca pak , buat materi seni rupa

    Komentar oleh risnanda abar | Agustus 2, 2010 | Balas

  4. saya suka dengan seni rupa karena seni rupa itu mengandung unsur keindahan yg bagus sekali

    Komentar oleh laras | Agustus 9, 2010 | Balas

  5. wahh cukup bagus materinya… izin download kang kanggo bahan tugas.. hatur sewu nuhun..

    Komentar oleh Ramdani Husnul Huluq | Agustus 18, 2010 | Balas

  6. lumayan juga nih artikel tentang seni rupa, bagus juga buat tugas kliping

    Komentar oleh lathifah n.a | Oktober 26, 2010 | Balas

  7. bagus tu isinya..
    tapi tlg, klo bs di tambah dg yg laen..
    yar nyarinya mudah

    Komentar oleh dewi | November 1, 2010 | Balas

  8. saya msh bingung, apa di dalam seni kontemporer kususnya(seni lukis)di dalam proses pembentukanya apa benar-benar lepas dari unsur-unsur seni rupa(warna,bentuk,garis,ukuran proporsi,balance)estetis yang terkandung di dalamnya (unsur seni),apa keindahan sudah benar-benar di hilangkan meski keindahan sifatny subyektif dan obyektif bagi penikmatnya

    Komentar oleh tonang | November 30, 2010 | Balas

  9. Aku seneng banget dapat membaca tulisan ini. Mohon izin untuk coy paste di blog saya, dengan tujuan untuk pengetahuan dan wawasan serta belajar secara pribadi.

    Komentar oleh Herman | Desember 16, 2010 | Balas

  10. bingung kang, bedanya moderen ama kontemporer apa sich

    Komentar oleh uuts | Januari 9, 2011 | Balas

  11. boleh minta contohnya yang berupa gambar ga’?
    minta izin nyalin ini

    Komentar oleh Sidow Boy | Januari 10, 2011 | Balas

  12. gimana cara nya kalau kita ingin sekali memahami apa itu seni terapan dan lain sebagaiinya ?

    Komentar oleh dhea | Januari 11, 2011 | Balas

  13. dengan pertimbangan apakah karya bisa disebut karya seni rupa murniataukah terapan ——-q gak tau yang penting q berkarya——dari sini q punya kenginan tau —

    Komentar oleh anang silikon | Januari 31, 2011 | Balas

  14. memek

    Komentar oleh musu jeek | Maret 29, 2011 | Balas

    • begooooooooooo

      Komentar oleh edan | Mei 17, 2011 | Balas

    • memek & kontol
      ngentot yuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

      Komentar oleh mikha | Juli 20, 2011 | Balas

  15. apa ga ini pr ku susahx

    Komentar oleh roland | Mei 24, 2011 | Balas

  16. kenapa ga ini pr susah seklai

    Komentar oleh roland | Mei 24, 2011 | Balas

  17. beritahu sy tenagn pengertian seni rupa serta gambarx

    Komentar oleh roland | Mei 24, 2011 | Balas

  18. memek

    Komentar oleh mikha | Juli 20, 2011 | Balas

    • ewrtutitttttttttttttttttttttt

      Komentar oleh tolkon | Agustus 7, 2011 | Balas

  19. ai

    Komentar oleh tolkon | Agustus 7, 2011 | Balas

  20. bagai mana bisa begitu dan apakah masih ada seni-seni seperti itu

    Komentar oleh susan perevensie | Agustus 19, 2011 | Balas

  21. OK

    Komentar oleh 411637 | September 25, 2011 | Balas

  22. KURANG

    Komentar oleh MEILANII | Oktober 6, 2011 | Balas

  23. thx pak, ijin copas juga

    Komentar oleh zhahamelik | Desember 11, 2011 | Balas

  24. sistematis, padat dan jelas..

    makasii ilmunyaaaa.. :D

    Komentar oleh eci | Januari 15, 2012 | Balas

  25. kalo aliran dan media seninya apa aja?

    Komentar oleh zerra | Januari 18, 2012 | Balas

  26. lumayan dan trims

    Komentar oleh Drs.Alberth naibaho | Januari 24, 2012 | Balas

  27. makasih ya ilmu tetntang seni rupa, ini sangat bermemfaat

    Komentar oleh cici | Februari 10, 2012 | Balas

  28. sippp….., makasih ilmunya

    Komentar oleh indra | Februari 13, 2012 | Balas

  29. makasih ilmunya ,sngat bermanfaat bwt tugas2 nh

    Komentar oleh intan rahma | Februari 26, 2012 | Balas

  30. wah artikelnya bagus, kebetulan saya suka senimusik. tp yg bikin ane bingung adalah apa yg membuat suatu hasil karya seni itu mahal? apa krn senimannya yg terkenal atau memang hasil karyanya yang bagus? banyak seniman yg bagus tp tidak semahal yg terkenal

    Komentar oleh ichanq | Maret 6, 2012 | Balas

  31. trimakshh..izin bca bwt mteri ujian skolah..isinya bguss…

    Komentar oleh R-Riec | Maret 21, 2012 | Balas

  32. tetap semanggat seniman indonesia…………..

    Komentar oleh ridwan syah | Juni 5, 2012 | Balas

  33. Reblogged this on Sandy Kurniawan.

    Komentar oleh Sandy Kurniawan | Juli 15, 2012 | Balas

  34. terimaksih utuk tulisan sangat bermanfaat untuk belajar seni rupa…..

    Komentar oleh rahman | Juli 23, 2012 | Balas

  35. gue suka seniman” indonesia

    Komentar oleh yuni | Juli 29, 2012 | Balas

  36. Reblogged this on Fathinlangga's Blog.

    Komentar oleh fathinlangga | Juli 31, 2012 | Balas

  37. kurang banxk pengertian seni ruax.. sya d.ks tugas ama guru smkn17 farmasi.. 5 mcm pengertan ”..

    Komentar oleh nop n irma | Agustus 1, 2012 | Balas

  38. eh.. gk da yg klasik pw..?

    Komentar oleh ihwan saputra | Agustus 21, 2012 | Balas

  39. suruh presentasiin ttg seni rupa tradisional modern dan kontemporer :(

    Komentar oleh Pratiwi Nurrisma Wardhany | Agustus 27, 2012 | Balas

  40. terimakasih… aq copas

    Komentar oleh nimaz | Agustus 29, 2012 | Balas

  41. azipp bangett heheheh

    Komentar oleh nhabila syakibb | September 3, 2012 | Balas

  42. terimaksih utuk tips yg sangat bermanfaat

    Komentar oleh rofiq | Oktober 3, 2012 | Balas

  43. Eeemm tmbahin dikit lgii aja penjelasan tentang seni rupa

    Komentar oleh Maya Aulia Ahda | Oktober 12, 2012 | Balas

  44. Siiiip! _ _
    ‎​ ( | | )
    _____ \ \ / / _____
    (____ _) \ / (_ ____)
    (_____ ) _)__ ;) __(_ (______)
    (__ ___) )  ( (_ ____)
    (_____) __/ _( )_ \__ (_____)‎​.

    Komentar oleh Dracula | November 15, 2012 | Balas

  45. seni rupa adalah wajah seni tuk menjadi tautan hati

    Komentar oleh felisitasjajar | Januari 9, 2013 | Balas

  46. ijin menyimak pak :)

    Komentar oleh rafiq | Januari 24, 2013 | Balas

  47. Thanks banget ya!

    Komentar oleh dewi drupadi | Februari 13, 2013 | Balas

  48. nyimak gan,….

    Komentar oleh masterbing | Februari 17, 2013 | Balas

  49. ijin copas ya… makasih

    Komentar oleh zhang_Lin | Maret 3, 2013 | Balas

  50. MAKASIH BOS izin copy………..

    Komentar oleh nas | Maret 15, 2013 | Balas

  51. makasih info tntang seni rupa’a

    Komentar oleh yuli | Juni 7, 2013 | Balas

  52. ok

    Komentar oleh hahaha | Juli 28, 2013 | Balas

  53. info nya keren-keren

    Komentar oleh Maulana42 (@Maulana421) | Agustus 18, 2013 | Balas

  54. fe

    Komentar oleh haris | November 16, 2013 | Balas

  55. terimakasih

    Komentar oleh putri | Maret 6, 2014 | Balas

  56. […] Pengertian Seni Rupa Tradisional, Modern dan Kontemporer … […]

    Ping balik oleh Pengertian Tari Tradisional | Caramanfaat.net | April 6, 2014 | Balas

  57. terima kasih.
    karena tulisan anda bermanfaat bagi saya dan teman2 saya. :-)

    Komentar oleh susi vidia | Agustus 31, 2014 | Balas

  58. […] Pengertian seni rupa tradisional, modern dan kontemporer […]

    Ping balik oleh kaligrafi kontemporerCara Cohofest | Cara Cohofest | Oktober 25, 2014 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: